Kitab Nikah Dan Hukum-Hukum Dan Perkara Yang Berhubungan Dengan Nikah

Media Al Ahkam Jun 3, 2024 137 Views
Share:

Pernikahan dalam Islam merupakan “ikatan suci” antara seorang pria dan seorang wanita dengan tujuan membentuk keluarga yang berdasarkan prinsip-prinsip agama. Pernikahan dipandang sebagai “ibadah” yang memiliki makna spiritual dan material, serta menjadi sarana untuk mencapai “kebahagiaan” dan “kesempurnaan” dalam hidup. Dalam Islam, pernikahan diartikan sebagai berkumpulnya atau menyatunya sepasang laki-laki dengan perempuan melalui “akad nikah” dan memenuhi syarat-syarat pernikahan serta “rukun nikah” yang berlaku, termasuk adanya calon mempelai pria dan wanita, wali nikah, serta ijab kabul atau akad nikah. Dengan menikah, seseorang juga dapat menyempurnakan setengah agamanya, sebagaimana disebutkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik. Jadi, pernikahan dalam Islam bukan hanya sekadar ikatan lahiriah, tetapi juga memiliki dimensi spiritual yang mendalam.

النِّكَاحُ مُسْتَحَبٌّ لِمَنْ يَحْتَاجُ إِلَيْهِ

Nikah disunnahkan bagi orang yang membutuhkan

وَيَجُوزُ لِلْحُرِّ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ أَرْبَعِ حَرَائِرَ وَلِلْعَبْدِ بَيْنَ اثْنَيْن

Boleh bagi seorang merdeka mengumpulkan empat istri. Dan boleh bagi beorang hamba mengumpulkan dua istri.

وَلَا يَنْكَحُ الحُرُّ أَمَةً إِلَّا بِشَرْطَيْنِ عَدَمُ صَدَاقِ الحُرَّةِ وَخَوْفُ العَنَتِ

Seorang Yang Merdeka Tidak Diperbolehkan Menikahi Budak Perempuan Kecuali dengan dua sarat: (1) Tidak punya mahar orang merdeka (2) Takut (terjerumus) zina.

وَنَظَرُ الرَّجُلِ إِلَى المَرْأَةِ عَلَى سَبْعَةِ أَضْرُبٍ

Pandangan laki-laki ke perempuan itu ada tujuh macam:

أَحَدُهَا نَظْرَةٌ إِلَى أَجْنَبِيَّةٍ لِغَيْرِ حَاجَةٍ فَغَيْرُ جَائِزٍ

(1) Pandangan ke perempuan tanpa keperluan maka tidak boleh

وَالثَّانِي نَظْرَةٌ إِلَى زَوْجَتِهِ أَوْ أَمَتِهِ فَيَجُوزُ أَنْ يَنْظُرَ إِلَى مَا عَدَا الفَرْجِ مِنْهُما

(2) Pandangan ke Istrinya atau ke budaknya maka boleh memandang selain kemaluan.

والثالث نظرة إلى ذوات محارمه أو أمته المزوجة فيجوز فيما عدا ما بين السرة والركبة

(3) Memandang perempuan kerabat atau amat yang dinikahi diperbolehkan memandang selain sesuatu mulai pusar sampai lutut.

والرابع النظر لأجل النكاح فيجوز إلى الوجه والكفين

(4) Memandang perempuan karena akan dinikahi maka diperbolehkan memandang ke wajah dan dua telapak tangan.

والخامس النظر للمداواة فيجوز إلى المواضع التي يحتاج إليها

(5) Memandang perempuan yang sedang diobati maka diperbolahkan memandang tempat yang dibutuhkan untuk diobati.

والسادس النظر للشهادة أو للمعاملة فيجوز إلى الوجه خاصة

(6) memandang perempuan uang member kesaksian atau untuk memperkerjakan maka diperbolehkan memandang khusus wajah.

والسابع النظر إلى الأمة عند ابتياعها فيجوز إلى المواضع التي يحتاج إلى تقليبها.

(7) Memandang budak perempuan yang aka dibelinya maka boleh memandang tempat yang dajadikan pedoman diterimanya dalam jual beli budak.

Wajib ada Wali dan Dua Saksi dalam Nikah

فصل ولا يصح عقد النكاح إلا بولي وشاهدي عدل

Tidak Sah Nikah Kecuali Dengan Kehadiran Seorang Wali Dan Kehadiran Dua Saksi Yang Adil

ويفتقر الولي والشاهدان إلى ستة شرائط: الإسلام والبلوغ والعقل والحرية والذكورة والعدالة

Seorang Wali dan Dua Saksi Membutuhkan enam Syarat. 1. Islam 2. Balig 3. Berakal 4. Merdeka 5. Laki Laki 6. Adil

إلا أنه لا يفتقر نكاح الذمية إلى إسلام الولي ولا نكاح الأمة إلى عدالة السيد

Kecuali Pernikahan Seorang Amat Dimmi, Maka Tidak Membutuhkan Islamnya Seorang wali dan nikahnya Seorang Amat tidak Membutuhkan Adilnya Tuan.

وأولى الولاة الأب ثم الجد أبو الأب ثم الأخ للأب والأم ثم الأخ للأب ثم ابن الأخ للأب والأم ثم ابن الأخ للأب ثم العم ثم ابنه على هذا الترتيب فإذا عدمت العصبات فالمولى المعتق ثم عصباته ثم الحاكم

Wali yang utama adalah: 1. Ayah. 2. Kakek ( Bapaknya ayah ) 3. Saudara laki laki seayah seibu 4. Saudara laki laki se ibu saja; 5. Anak laki laki saudara laki laki se ayah se ibu 6. Anak laki laki saudara laki laki se ayah saja; 7. Paman ( saudara ayah ) 8. Anak paman ( saudara ayah ). Apabila urutan wali diatas tidak ada semua maka 9. tuan yang memerdekannya. Kemudian bila tidak ada semua mulai nomor 1 sampai 9 maka ahli waris asobahnya nomor 9. 10. Hakim.

Dilarang Melamar Perempuan Dalam Masa Iddah

ولا يجوز أن يصرح بخطبة معتدة ويجوز أن يعرض لها وينكحها بعد انقضاء عدتها

Tidak Diperbolehkan Menjelaskan Lamaran Seorang Yang Dalam Keadaan Iddah. Dan diperbolehkan Menawarkan Lamaran dan Nikah Kepadanya Setelah Selesai Iddah.

والنساء على ضربين ثيبات وأبكار فالبكر يجوز للأب والجد إجبارها على النكاح والثيب لا يجوز تزويجها إلا بعد بلوغها وإذنها.

Perempuan itu ada dua Gadis dan Janda. Maka Seorang gadis diperbolehkan Bagi Seorang Ayah dan Kakek Memaksa Nikah Kepadanya. Sedangkan Janda. Maka tidak diperbolehkan dinikahkan kecuali setelah dewasa dan dia mengijinkan

Perempuan Yang Haram Dinikahi

فصل والمحرمات بالنص أربع عشرة

Wanita mahram (yang haram dinikah) ada Empatbelas.

سبع بالنسب وهن الأم وإن علت والبنت وإن سفلت والأخت والخالة والعمة وبنت الأخ وبنت الأخت

Tujuh Sebab Nasab: 1. Ibu dan Keatas, 2. Anak Perempuan dan kebawah, 3. Saudara Perempuan, 4. Bibik dari Ibu, 5. Bibik dari Ayah, 6. Anak Perempuan Saudara lk, 7. Anak perempuan Saudara Perempuan .

واثنتان بالرضاع الأم المرضعة والأخت من الرضاع

Dua sebab Menyusu. 1. Ibu Yang Menyusui, 2. Saudara perempuan Sesusuan.

وأربع بالمصاهرة أم الزوجة والربيبة إذا دخل بالأم وزوجة الأب وزوجة الابن

Empat Sebab Perkawinan, 1 Ibu Istri, 2. Anak Tiri Yang Sudah disetubuhi Ibunya, 3. Istri Ayah, 4. Istri Anak

وواحدة من جهة الجمع وهي أخت الزوجة ولا يجمع بين المرأة وعمتها ولا بين المرأة وخالتها

Satu Sebab Mempersatukan ; Yaitu Saudara Perempuan Istri. Tidak Boleh Dibarengkan antar Perempuan dan Bibik dari Bapak atau Ibunya.

ويحرم من الرضاع ما يحرم من النسب

Dan diharamkan sebab susuan Sebagaimana Sebab Keturunan.

Mengembalikan Istri/Suami

وترد المرأة بخمسة عيوب بالجنون والجذام والبرص والرتق والقرن

Perempuan di kembalikan dengan sebab lima hal; 1. Gila. 2. Menderita penyakit Lepra. 3. Belang. 4. Tersumbat Oleh Daging Kemaluannya. 5. Tersumbat Tulang Kemaluannya.

ويرد الرجل بخمسة عيوب بالجنون والجذام والبرص الجب والعنة.

Laki Laki dikembalikan sebab Lima Hal:

1. Gila. 2. Menderita Lepra. 3. Belang. 4. Terpotong Kemaluannya. 5. Impoten.

Mahar dalam Nikah

فصل» ويستحب تسمية المهر في النكاح فإن لم يسم صح العقد

Disunnahkan Menyebutkan mahar dalam nikah. Bila tidak disebutkan dalam nikah maka akad nikahnya tetap sah

ووجب المهر بثلاثة أشياء أن يفرضه الزوج على نفسه أو يفرضه الحاكم أو يدخل بها فيجب مهر المثل

Mahar menjadi wajib karena tiga hal:

  1. Dia mewajibkan terhadap dirinya sendiri
  2. Atau diwajibkan oleh hakim
  3. Atau telah menduhulnya. Maka wajib membayar umumnya mahar.

وليس لأقل الصداق ولا لأكثره حد

Tidak ada batasan untuk sedikit atau banyaknya mahar .

ويجوز أن يتزوجها على منفعة معلومة

Diperbolehkan seorang menikahi perempuan dengan maskawin kemanfaatan sesuatu

ويسقط بالطلاق قبل الدخول بها نصف المهر.

Mahar bisa gugur separuh akibat talak sebelum dukhul (hubungan intim)

Pernik Pernikahan

«فصل» والوليمة على العرس مستحبة والإجابة إليها واجبة إلا من عذر.

Pesta acara Nikah adalah Sunnah dan memenuhi undangannya adalah wajib kecuali ada udur atau ada halangan

فصل» والتسوية في القسم بين الزوجات واجبة

Menyamakan (membuat sama) giliran diantara beberapa istri adalah wajib

ولا يدخل على غير المقسوم لها بغير حاجة

Tidak diperbolehkan memasuki atau duhul selain istri yang mendapat giliran kecuali ada hajat

وإذا أراد السفر أقرع بينهن وخرج بالتي تخرج لها القرعة

Ketika Suami hendak berpergian maka dia harus memilih diantara beberapa istri dan keluar dengan yang menang dalam undian

وإذا تزوج جديدة خصها بسبع ليال إن كانت بكرا وبثلاث إن كانت ثيبا

Dan ketika suami beristri muda lagi maka ada bonus untuk istri muda tersebut selama tujuh malam saat gadis, dan tiga hari bila janda.

وإذا خاف نشوز المرأة وعظها فإن أبت إلا النشوز هجرها فإن أقامت عليه هجرها وضربها

Dan ketia suami takut akan puriknya istri harus dia nasehati, bila istri menolak untuk dinasehati maka harus pisah ranjang. dan bila istri teteap purik (pulang ke orang tua) maka bisa memukulnya.

ويسقط بالنشوز قسمها ونفقتها

dan karena purik tersebut gugurlah jatah gilir dan jatah nafkah.

Perceraian

«فصل» والخلع جائز على عوض معلوم

Khuluk (perceraian dari istri) diperbolehkan dengan gantian yang diketahui .

وتملك به المرأة نفسها

Dan dengan khuluk wanita memiliki dirinya sendiri

ولا رجعة له عليها إلا بنكاح جديد

tidak boleh rujuk kecuali dengan pernikahan baru

ويجوز الخلع في الطهر وفي الحيض.

dan khuluk diperbolehkan dalam keadaan suci dan pada saat haid.

ولا يلحق المختلعة الطلاق

Wanita yang dikhuluk tidak bisa di cerai.

«فصل» والطلاق ضربان صريح وكناية

Dan perceraian itu ada dua jenis: Jelas dan Sindiran.

فالصريح ثلاثة ألفاظ الطلاق والفراق والسراح ولا يفتقر صريح الطلاق إلى النية

Talak Jelas itu ada tiga kata: cerai dan pemisah dan bebas. Talak Yang Jelas tidak membutuhkan niat,

والكناية كل لفظ احتمل الطلاق وغيره ويفتقر إلى النية

sedang talak kinayah yaitu semua lafat yang memuat talak dan kinayah itu membutuhkn niyat.

والنساء فيه ضربان

Dan perempuan dalam (urusan) talak itu ada macam :

ضرب في طلاقهن سنة وبدعة وهن ذوات الحيض

macam pertama yaitu, perempuan yang dalam talaknya (dihukumi) sunnah (tidak haram) dan bid’ah (haram), yaitu wanita yang sudah haid.

فالسنة أن يوقع الطلاق في طهر غير مجامع فيه

sunnah yaitu menjatuhkan talak dalam keadaan suci dan belum dikumpuli.

والبدعة أن يوقع الطلاق في الحيض أو في طهر جامعها فيه

bidah yaitu menjatuhkan talak dalam waktu haid atau dalam keadaan suci tapi sudah dikumpuli,

وضرب ليس في طلاقهن سنة ولا بدعة وهن أربع الصغيرة والآيسة والحامل والمختلعة التي لم يدخل بها

macam kedua yaitu, perempuan yang dalam talaknya (dihukumi) sunnah dan bid’ah, yaitu perempuan yang sudah tidak haid, hamil, perempuan yang dikhuluk tidak dikumpuli.

«فصل ويملك الحر ثلاث تطليقات والعبد تطليقتين

Orang yang merdeka memiliki tiga kali cerai, dan hamba memiliki dua kali cerai .

ويصح الاستثناء في الطلاق إذا وصله به

Dan sah mengecualikan dalam cerai ketika disambungkan dengan (ucapan) cerai

ويصح تعليقه بالصفة والشرط

. Dan sah pula menggantungkan cerai dengan sifat dan sarat..

ولا يقع الطلاق قبل النكاح

cerai tidak sah sebelum menikah

وأربع لا يقع طلاقهم الصبي والمجنون والنائم والمكره

Ada empat orang yang tidak sah cerainya: 1. Anak Kecil. 2. Orang gila. 3. Orang yang sedang tidur. 4. Orang yang dipaksa.

فصل» وإذا طلق امرأته واحدة أو اثنتين فله مراجعتها ما لم تنقض عدتها فإن انقضت عدتها حل له نكاحها بعقد جديد وتكون معه على ما بقي من الطلاق

Ketika seorang suami menceraikan istrinya satu atau dua kali maka masih ada kesempatan untuk rujuk selama belum habis masa iddahnya. Dan ketika sudah habis masa iddahnya maka boleh untuk menikah kembali dengan pernikahan baru serta mendapatkan sisa talak.

فإن طلقها ثلاثا لم تحل له إلا بعد وجود خمس شرائط انقضاء عدتها منه وتزويجها بغيره ودخوله بها وإصابتها وبينونتها منه وانقضاء عدتها منه

Apabila dia menceraikan tiga kali maka tidak diperbolehkan baginya kecuali dengan adanya lima syarat: 1. Habisnya iddah darinya; 2. Sudah dinikahi laki laki lain 3. Sudah di setubuhi oleh laki laki lain tersebut 4. Sudah ditalak bain oleh laki laki lain tersebut; 5. Habisnya iddah dari laki laki lain tersebut.

Sumpah Ila’

«فصل» وإذا حلف أن لا يطأ زوجته مطلقا أو مدة تزيد على أربعة أشهر فهو مول ويؤجل له إن سألت ذلك أربعة أشهر ثم يخير بين الفئة والتكفير أو الطلاق فإن امتنع طلق عليه الحاكم

Apabila seorang suami bersumpah tidak akan mencampuri istrinya mutlak atau dalam waktu lebih dari empat bulan, itu adala sumpah ila’. Dan tidak berguna bila seorang istri meminta dalam waktu empat bulan tersebut. Kemudian suami disuruh memilih antara bersetubuh dan bayar kiffarat atau cerai. Bila suami menolak maka diceraikan hakim.

Sumpah Dihar

«فصل» والظهار أن يقول الرجل لزوجته أنت علي كظهر أمي فإذا قال ذلك ولم يتبعه بالطلاق صار عائدا ولزمته الكفارة والكفارة عتق رقبة مؤمنة سليمة من العيوب المضرة بالعمل والكسب فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين فإن لم يستطع فإطعام ستين مسكينا لكل مسكين مد ولا يحل للمظاهر وطؤها حتى يكفر.

Dhihar adalah seorang suami mengucapkan kepada istrinya : “ kamu atasa saya seperti punggung ibuku.” Maka ketika seorang suami mengataka seperti itu dan tidak diikuti deng talak maka dia boleh kembali kepada istrinya dan wajib membayar kiffarat. Adapun kiffarat dhihar adalah:

  1. Mmerdekakan budak perempuan mukmin yang selamat dari cacat melakukan pekerjaan.
  2. Apabila tidak menemukan maka harus puasa dua bulan berturut turut.
  3. Apabila tidak mampu maka member makan 60 miskin, setiap miskin satu mud.

Tidak diperbolehkan mencampuri istrinya sampai ia membayar kiffarat.

Menuduh Zina

«فصل» وإذا رمى الرجل زوجته بالزنا فعليه حد القذف إلا أن يقيم البينة أو يلاعن فيقول عند الحاكم في الجامع على المنبر في جماعة من الناس أشهد بالله إنني لمن الصادقين فيما رميت به زوجتي فلانة من الزنا وإن هذا الولد من الزنا وليس مني أربع مرات ويقول في المرة الخامسة بعد أن يعظه الحاكم وعلي لعنة الله إن كنت من الكاذبين ويتعلق بلعانة خمسة أحكام سقوط الحد عنه ووجوب الحد عليها وزوال الفراش ونفي الولد والتحريم على الأبد ويسقط الحد عليها بأن تلتعن فتقول أشهد بالله إن فلانا هذا لمن الكاذبين فيما رماني به من الزنا أربع مرات وتقول في الخامسة بعد أن يعظها الحاكم وعلى غضب الله إن كان من الصادقين.

Ketika seorang suami menuduh zina kepada istrinya maka dia harus di had tuduhan kecuali biala suami tersebut mempunyai saksi atau saling melaknati . Dia harus bersumpah didepan hakim dengan disaksikan mastarakat diatas mimbar: “ Saya bersaksi demi Allah bahwa saya adalah orang yang jujur terhadap apa yang saya tuduhkan terhadap istri saya dan anak ini adalah empat kali dari zina bukan dari saya” dan pada ucapan yang kelima, setelah dia dinasehati hakim:” Saya dilaknat Allah bila saya bohong”.

Dengan laknat bisa menggugurkan lima: gugurnya had dari laki laki , wajib had terhadap perempuan, hilangnya alas tidur, haram untuk selama lamanya.

Had terhadap istri bisa gugur bila istri meyakinkannya dengan ucapan : “ Saya bersaksi demi Allah 3x ini bohong tntang apa yang dituduhkan terhadap saya 4x dan kali yg kelima semoga saya dimarahi Allah andai dia benar.

Macam-macam Iddah

«فصل» والمعتدة على ضربين متوفى عنها وغير متوفى عنها فالمتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا فعدتها أربعة أشهر وعشر وغير المتوفى عنها إن كانت حاملا فعدتها بوضع الحمل وإن كانت حائلا وهي من ذوات الحيض فعدتها ثلاثة قروء وهي الأطهار وإن كانت صغيرة أو آيسة فعدتها ثلاثة أشهر والمطلقة قبل الدخول بها لا عدة عليها وعدة الأمة بالحمل كعدة الحرة وبالإقراء أن تعتد بقرأين وبالشهور عن الوفاة أن تعتد بشهرين وخمس ليال وعن الطلاق أن تعتد بشهر ونصف فإن اعتدت بشهرين كان أولى

Perempuan iddah itu ada dua macam: ditinggal mati dan tidak ditinggal mati.

Iddah akibat ditinggal mati maka apabila hamil iddahnya adalah melahirkan. Dal bila tidak hamil maka iddahnya empat bulan sepuluh hari.

Iddah akibat cerai bukan ditinggal mati apabila hami maka iddahnya melahirkan, dan jika tidak hamil dan masih subur ( haid ) maka iddahnya tiga kali suci.

Iddah bagi perempuan yang dicerai yang masih kecil atau perempuan yang sudah luas ( tidak haid lagi ) maka iddahnya tiga bulan.

Perempuan yang dicerai sebelum dikumpuli tidak punya iddah.

Iddahnya amat yang hamil seperti iddahnya perempuan yang merdeka, dan yang iddahnya perempuan budak yang dengan ukuran suci adal dua kali suci. Budak perempuan yang ditinggal mati dan tidak hamil maka iddahnya dua bulan lima malam. Iddah budak perempuan yang dicerai bukan ditinggal mati adalah satu bulan lima belas hari, bila iddah dengan dua bulan itu lebih utama.

«فصل» ويجب للمعتدة الرجعية السكني والنفقة ويجب للبائن السكني دون النفقة إلا أن تكون حاملا ويجب على المتوفى عنها زوجها الإحداد وهو الامتناع من الزينة والطيب وعلى المتوفى عنها زوجها والمبتوتة ملازمة البيت إلا لحاجة

Wajib bagi perempuan yang ditalak Raja i tempat tinggal dan nafkah. Wajib bagi perempuan yang ditalak bain tempat tinggal tidak ada nafkah kecuali dalam kondisi hamil. Wajib bagi perempuan yang ditinggal mati suaminya tidak berhias dan memakai harum haruman dan harus tetap didalam rumah kecuali ada keperluan.

«فصل» ومن استحدث ملك أمة حرم عليه الاستمتاع بها حتى يستبرئها إن كانت من ذوات الحيض بحيضة وإن كانت من ذوات الشهور بشهرفقط وإن كانت من ذوات الحمل بالوضع وإذا مات سيد أم الولد استبرأت نفسها كالأمة.

Barang siapa baru mempunyai amat baru, diharamkan baginya bersenang senang dengannya sehingga benar benar bebas, bila amat tersebut subur maka dengan ukuran satu haid, dan bila memiliki ukuran bulan maka cukup satu bulan dan apabila dia hamil maka dengan lahirnya anak. Dan ketika tuannya meninggal maka dia merdeka dengan sendirinya seperti amat.

Saudara Sesusuan

«فصل» وإذا أرضعت المرأة بلبنها ولدا صار الرضيع ولدها بشرطين أحدهما أن يكون له دون الحولين والثاني أن ترضعه خمس رضعات متفرقات ويصير زوجها أبا له ويحرم على المرضع التزويج إليها وإلى كل من ناسبها ويحرم عليها التزويج إلى المرضع وولده دون من كان في درجته أو أعلى طبقة منه

Bila seorang perempuan menyusui dengan susunya sendiri terhadap anak maka setatus anak tersebut menjadi anaknya dengan dua syarat: 1. Anak yang disusui kurang dari dua tahun 2. Dia menyusuinya lima susuan dengan pisah pisah.

Dan suami dari perempuan tersebut menjadi ayah anak yang di susuinya.

Diharamkan bagi anak yang disusui menikah ibu yang menyusuinya dan juga haram nikah dengan yang senasab dengan ibu tersebut. Haram juga bagi ibu yang menyusui menikahkan anaknya denga anak yang disusuinya keatas dan bebawah

Nafkah Keluarga

«فصل» ونفقة العمودين من الأهل واجبة للوالدين والمولودين فأما الوالدون: فتجب نفقتهم بشرطين الفقر والزمانة أو الفقر والجنون وأما المولودون فتجب نفقتهم بثلاث شرائط الفقر والصغر أو الفقر والزمانة أو الفقر والجنون ونفقة الرقيق والبهائم واجبة ولا يكلفون من العمل ما لا يطيقون ونفقة الزوجة الممكنة من نفسها واجبة وهي مقدرة فإن كان الزوج موسرا فمدان من غالب قوتها ومن الأدم والكسوة ما جرت به العادة وإن كان معسرا فمد من غاب قوت البلد وما يأتدم به المعسرون ويكسونه وإن كان متوسطا فمد ونصف ومن الأدم والكسوة الوسط وإن كانت ممن يخدم مثلها فعليه إخدامها وإن أعسر بنفقتها فلها فسح النكاح وكذلك أن أعسر بالصداق قبل الدخول

Nafkah penopang bagi keluarga itu wajib atas kedua orang tua dan anak.

Adapun orang tua maka wajib dinafkahi deng dua syarat: 1. Fakir dan tertekan. 2. Fakir dan gila.

Adapun anak wajib dinafkahi denga tiga syarat: 1. Fakir dan kecil. 2. Fakir dan tertekan. 3. Fakir dan gila. Dan nafkah hamba dan hewan ternak adalah wajib. Mereka semua tidak boleh dipaksa melakukan hal yang mereka tidak mampu.

Nafkah istri yang yang pasrah atas dirinya adalah wajib dan secukupnya. Apabila suami mampu maka nafkahnya dua mud umumnya daerah setempat dari lauk sampai pakaian yang berlaku didaerah setempat.

Dan apabila suaminya miskin maka satu mud umumnya daerah setempat yang digunakan lauk dan pakaian orang miskin.

Dan bila harus dilayani maka wajib bagi suami untuk melayaninya. Dan bila suami lebih sulit untuk menafkahinya maka bagi istri berhak untuk membatalkan nikah juga maskawin

Hak Anak dalam Perceraian

«فصل» وإذا فارق الرجل زوجته وله منها ولد فهي أحق بحضانته إلى سبع سنين ثم يخير بين أبويه فأيهما اختار سلم إليه, وشرائط الحضانة سبع العقل والحرية والدين والعفة والأمانة والإقامة والخلو من زوج فإن اختل منها شرط سقطت

Dan ketika seorang lelaki menceraikan istrinya dan mempunyai anak maka sang ibu lebih berhak merawatnya sampai umur tujuh tahun, kemudian setelah umur tujuh tahun anak disuruh memilih antara bapak dan ibu, mana yang dipilih anak maka disana dia diserahkan.

Dan syarat merawat itu ada tujuh: 1. Berakal 2. Merdeka 3. Mempunyai sifat iffah 4. Amanah 5. Bermukim 6. Belum memiliki istri/suami baru Apabila ada salah satu sarat yang tidak dimiliki maka gugur.

Leave a Comment