Hukum Jinayat dalam Islam Menggali Keadilan dan Sangsi

Media Al Ahkam Jun 4, 2024 137 Views
Share:

Jinayat adalah istilah yang berasal dari bahasa Arab yang memiliki arti hukum pidana dalam agama Islam. Hukum Jinayat berkaitan dengan pelanggaran-pelanggaran yang dianggap serius dalam Islam, seperti pembunuhan, perampokan, pemerkosaan, dan lain sebagainya. Hukum Jinayat menjadi bagian penting dalam sistem hukum Islam yang dikenal dengan syariat. Dalam ilmu fiqih, pembahasan mengenai tindak pidana kejahatan beserta sangsi hukumannya disebut dengan istilah jarimah atau uqubah. Jinayat membahas tentang pelaku tindak kejahatan beserta sangsi hukuman yang berkaitan dengan pembunuhan yang meliputi qisos, diyat, dan kifarat.

Jenis Pembunuhan

القتل على ثلاثة أضرب عمد محض وخطأ محض وعمد خطأ

Membunuh itu ada tiga macam: 1. Murni sengaja 2. Murni keliru 3. Sengaja keliru.

فالعمد المحض أن يعمد إلى ضربه بما يقتل غالبا ويقصد قتله بذلك فيجب القود عليه فإن عفا عنه وجبت دية مغلظة حالة في مال القاتل

Membunuh murni sengaja yaitu menyengaja memukulnya dengan alat yang bsa membunuh pada umumnya dan menyengaja membunuhnya dengan alat tetrsebut maka waji dikisos. Apabila korban mamberi maaf dia wajib diyat yang diberatkan seketika itu diambilkan dari harta si pembunuh.

والخطأ المحض أن يرمي إلى شيء فيصيب رجلا فيقتله فلا قود عليه بل تجب عليه دية مخففة على العاقلة مؤجلة في ثلاث سنين

Membunuh murni salah yaitu melemper sesuatu kemudian mengenai seseorang hingga mati. Maka tidak di qisos tapi wajib diyat yang diringankan bagi orang yang berakal dan ditangguhkan sampai tiga tahun.

وعمد الخطأ أن يقصد ضربه بما لا يقتل غالبا فيموت فلا قود عليه بل تجب دية مغلظة على العاقلة مؤجلة في ثلاث سنين

Membunuh setengah sengaja atau sengaja salah yaitu seseorang membunuh dengan alat yang tidak membunuh pada umumnya sehingga orang yang terlampar terbunuh. Maka tidak di qisos tapi wajib diyat atas yang berakal dan ditangguhkan sampai tiga tahun.

Qisos

وشرائط وجوب القصاص أربعة أن يكون القاتل بالغا عاقلا وأن لا يكون والدا للمقتول وأن لا يكون المقتول أنقص من القاتل بكفر أو رق

Syarat wajib qisos ada empat: 1. Yang membunuh baligh 2. Yang membunuh berakal

3. Yang membunuh bukan orang tua yang dibunuh 4. Yang terbunuh lebih nakis(rendah) dari yang membunuh sebab kafir atau hamba.

وتقتل الجماعة بالواحدوكل شخصين جرى القصاص بينهما في النفس يجري بينهما في الأطراف

Rombongan membunuh satu orang maka perorang harus diqisos. Dan wajib pula setiap perorangan diqisos ujung anggota yang sama.

 وشرائط وجوب القصاص في الأطراف بعد الشرائط المذكورة اثنان الاشتراك في الاسم الخاص, اليمنى باليمنى, واليسرى باليسرى, وأن لا يكون بأحد الطرفين شلل, وكل عضو أخذ من مفصل ففيه القصاص ولا قصاص في الجروح إلا في الموضحة

Syarat wajib qisos anggota badan setelah syarat diatas tersebut diatas ada dua lagi: 1. Nama anggota badan sama, kanan dengan kanan, kiri dengan kiri, 2. Salah satu dari dua anggota badan yang diqisos tidak lengket dengan yang lain, setiap anggota badan yang dipotong di ruas. Ini dalam qisos. Dan tidak ada qisos dalam melukai kecuali anggota badan yang tampak terang (jelas terlihat).

Diyat

فصل والدية على ضربين مغلظة ومخففة

Diyat itu terbagi menjadi dua: diyat yang berat dan diyat yang ringan.

فالمغلظة مائة من الإبل ثلاثون حقة وثلاثون جذعة وأربعون خلفة في بطونها أولادها

Diyat yang diberatkan adalah seratus unta dari hikkoh dan tiga puluh unta jada’ah dan empat puluh onta yang masih dalam kandungan.

والمخففة مائة من الإبل عشرون حقة وعشرون جذعة, وعشرون بنت لبون, وعشرون ابن لبون, وعشرون بنت مخاض,

Diyat yang ringan adalah seratus onta dari 20 hikkoh dan 20 jada’ah dan 20 bintu labun dan 20 ibnu labun dan 20 bintu mahot.

فإن عدمت الإبل انتقل إلى قيمتها وقيل ينتقل إلى ألف دينار أو اثني عشر ألف درهم, وإن غلظت زيد عليها الثلث

Bila tidak ada onta onta tersebut diatas maka kalkulasi nilai onta onta diatas. Menurut pendapat yang lain: dialihkan seribu dinar atau dua belas dirham. Bila diyat yang diberatkan maka ditambah sepertiganya.

وتغلظ دية الخطأ في ثلاثة مواضع إذا قتل في الحرم, أو في الأشهر الحرم, أو قتل ذا رحم محرم,

dan diberatkan diyat pembunuhan keliru di 3 tempat: 1. Ketika membunuh di tanah haram, 2. Membunuh di bulan Haram, 3. Membunuh kerabat yang dimuliakan

ودية المرأة على النصف من دية الرجل ودية اليهودي والنصراني ثلث دية المسلم وأما المجوسي ففيه ثلثا عشر دية المسلم

Diyat seorang perempuan adalah separo dari diyat laki laki. Dan diyat Yahudi, Nasrani adalah sepertiga diyat Muslim, adapun Majusi adalah 2/3 per sepuluh ( 66,6 % ) diyat Muslim

وتكمل دية النفس في قطع اليدين والرجلين والأنف والأذنين والعينين والجفون الأربعة واللسان والشفتين وذهاب الكلام وذهاب البصر وذهاب السمع وذهاب الشم وذهاب العقل والذكر والأنثيين وفي الموضحة والسن خمس من الإبل

Dan sempurnya diyat nafsi dalam memotong kedua tangan, kedua kaki, hidung, kedua telinga, kedua mata, Pelupuk mata yang empat, lisan, kedua bibir, menghilangkan kalam ( suara) menghilangkan penglihatan, menghilangkan pendengaran, menghilangkan penciuman, menghilangkan akal, menghilangkan dzakar, menghilangkan dua telor, dan di anggota yang tampak jelas, gigi, Maka lima onta.

وفي كل عضو لا منفعة فيه حكومة

Dan semua anggota badan yang tidak ada manfaat maka didalamnya ada hukum.

ودية العبد قيمته

Dan diyatnya hamba maka harga dari hamba tersebut.

ودية الجنين الحر غرة عبد أو أمة ودية الجنين الرقيق عشر قيمة أمه

Dan diyat janin yang merdeka adalah seperti halnya hamba atau amat. Dan diyat janin hamba 1/10 harga ibunya.

فصل وإذا اقترن بدعوى الدمِ لوثٌ يقع به في النفسِ صِدْقُ المُدَّعِي حَلَفَ المُدَّعِي خمسين يمينا واستحق الدية وإن لم يكن هناك لوث فاليمين على المدَّعَى عليه وعلى قاتل النفس المُحَرَّمَة كفارة عتق رقبة مؤمنة سليمة من العيوب المضرة فإن لم يجد فصيام شهرين متتابعين

Ketika Bersamaan pengakuan berdarah dengan pencuri pada seseorang yang sama serta pengakuannya benar maka pengaku disumpah 50 kali dan berhak diad. Dan bila tidak bersamaan dengan pencuri maka pengaku disumpah dan yang membunuh jiwa yang mulia harus membayar kifarat yaitu memerdekaan amat mukminah yang selamat dari aib yang membahayakan. Dan bila tidak menemukan maka harus berpuasa dua bulan berturut turut

Leave a Comment